HUKUM SENGAJA SALAH DALAM MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PENGAJARAN

HUKUM SENGAJA SALAH DALAM MEMBACA AL-QUR'AN UNTUK PENGAJARAN

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

#Fatwa_Ulama

HUKUM SENGAJA SALAH DALAM MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK PENGAJARAN

Telah beredar sebuah video pendek seorang Ayah membaca surat Ar-Rahman yang dengan sengaja salah membaca untuk menguji hapalan putri kecilnya. Semoga Allah merahmati keduanya, namun cara seperti ini tidak dibolehkan, karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam dan para sahabat radhiyallahu’anhum.

Berikut fatwa kumpulan ulama besar Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang tergabung dalam Komite Tetap untuk Pembahasan Ilmiah dan Fatwa:

تعمد الخطأ في قراءة القرآن الكريم عند تدريب التلاميذ من أجل شد انتباههم لم يعهد عن أحد من السلف الصالح الذين حملوا القرآن الكريم وأقرأوه الناس، وتلقين القرآن للمتعلمين عبادة يتقرب بها إلى الله تعالى، فلا يجوز فيها الإتيان بها على غير وجهها، ويمكن أن يوجه مدرس القرآن إلى تلاميذه أسئلة تساعدهم على ثبات الحفظ وإزالة التشابه، وفي ذلك غنية عن تعمد إسماع التلاميذ الآية الكريمة محرفة.

“Sengaja salah dalam membaca Al-Qur’an Al-Karim ketika mengajar murid-murid agar mereka benar-benar perhatian, tidak diriwayatkan dari seorang pun ulama As-Salafus Shalih yang telah membawa Al-Qur’an Al-Karim ini dan membacakannya kepada manusia.

Dan mengajarkan Al-Qur’an kepada para pelajar adalah ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah ta’ala, maka tidak boleh dilakukan dengan cara yang tidak benar.

Sebagai gantinya boleh bagi seorang Pengajar Al-Qur’an untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada murid-murid, yang dapat menguatkan hapalan mereka dan menghilangkan kesamaran pada ayat-ayat yang mirip. Dan metode ini cukup daripada memperdengarkan bacaan salah terhadap ayat yang mulia kepada murid-murid.

[Fatawa Al-Lajnah Ad-Daimah, 2/119 no. 21980]

 

وبالله التوفيق، وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم

 

Penulis: Al-Ustadz Sofyan Chalid Ruray hafizhahullah

Sumber: https://www.facebook.com/sofyanruray.info/posts/735523239930494:0

 

Semoga bermanfaat. Mohon ta’awun menyebarkan dakwah tauhid dan sunnah ini. Semoga menjadi sebab hidayah dan pemberat timbangan kebaikan kita di Hari Kiamat, insya Allah ta’ala.

Jazaakumullaahu khayron wa baaroka fiykum.

══════ ❁✿❁ ══════

Bergabunglah dan Sebarkan Dakwah Sunnah Bersama Markaz Ta’awun Dakwah dan Bimbingan Islam.

Channel Telegram Ustadz Sofyan Chalid Ruray hafizhahullah

Join Telegram: http://bit.ly/1TwCsBr

Join Telegram: http://goo.gl/6bYB1k

Gabung Group WA: 08111377787

FB: www.fb.com/sofyanruray.info

Web: www.sofyanruray.info

Android: http://bit.ly/1FDlcQo

Youtube: Ta’awun Dakwah

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *