CARA MENDAFTAR KULIAH DI UNIVERSITAS ISLAM MADINAH

cara-mendaftar-kuliah-di-universitas-islam-madinah

 

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

CARA MENDAFTAR KULIAH DI UNIVERSITAS ISLAM MADINAH (UIM) dengan 4 langkah:

Mohon Sebarkan Info Penting dari Channel Telegram Markaz Ta’awun Dakwah dan Bimbingan Islam: http://goo.gl/6bYB1k

✅ LANGKAH PERTAMA: MENYIAPKAN BERKAS-BERKAS

1. Tazkiyah (Rekomendasi) dari sebuah lembaga Islam seperti Departemen Agama / Majelis Ulama Indonesia / Yayasan Islam / Pondok Pesantren, atau dari dua orang Tokoh Pejabat Pemerintah / Tokoh Agama yang Dikenal / Alumni UIM.

➡️ Buatlah tazkiyah dengan Bahasa Arab. Isinya berupa keterangan bahwa calon mahasiswa memiliki komitmen menjalankan kewajiban agama, berakhlak mulia dan semangat menuntut ilmu agama.

2. Ijazah dan Daftar Nilai Ijazah SMU atau yang sederajat.
➡️ Nilai ijazah minimal jayyid jiddan/Baik Sekali/Rata-rata minimal 7,7.
➡️ Usia ijazah tidak lebih dari 5 tahun (yang nilainya kurang atau tahunnya sudah lewat coba aja biidznillah tidak sedikit yang diterima, terutama yang mendaftar langsung).
➡️ Tidak pernah drop out (DO) dari universitas lain karena sebab akademis atau hukuman.

3. Akta Kelahiran.
➡️ Usia calon mahasiswa tidak boleh lebih dari 25 tahun (yang sudah lewat coba aja biidznillah tidak sedikit yang diterima, terutama yang mendaftar langsung).

4. SKCK dari Kepolisian.

5. Surat Keterangan Sehat dari Klinik Kesehatan Resmi yang menyatakan sehat panca indera dan tidak memiliki penyakit menular.

6. Pasfoto warna ukuran 4 x 6 dengan tanpa kacamata, tanpa penutup kepala, dan dengan background putih.

7. KTP

8. Paspor.

9. Sertifikat masuk Islam, bagi yang Islamnya tidak dari lahir.

PERHATIAN:

1. Berkas-berkas di atas diterjemahkan ke dalam Bahasa Arab melalui Penerjemah Resmi yang Diakui dan Terakreditasi.

2. Setelah diterjemahkan harus di-SCAN kemudian di-SAVE dalam bentuk file JPEG atau PDF. Kemudian simpan di flashdisk atau hard disk. File-file berkas tersebut nantinya akan diminta untuk dimasukkan ketika Anda mendaftar secara resmi (via ONLINE/INTERNET) sebagai syarat memperoleh NOMOR PENDAFTARAN untuk mengikuti MUQOBALAH (Ujian Masuk yang Biasanya Diadakan Tiap Tahun di Indonesia).

✅ LANGKAH KEDUA: PENDAFTARAN

A. PENDAFTARAN LANGSUNG:

Pendaftaran dapat dilakukan langsung ke Universitas Islam Madinah. Bisa Anda lakukan di sela-sela perjalanan umroh Anda. Alangkah baiknya jika ada kawan mahasiswa yang sudah terdaftar dan tinggal di Madinah yang bisa membantu untuk mengantarkan ke tempat pendaftaran. Bahkan dahulu sebagian mahasiswa yang kini telah diterima tidak datang langsung, hanya menitipkan berkas pendaftarannya melalui mahasiswa UIM yang sudah terdaftar.

B. MENDAFTAR SECARA ONLINE VIA INTERNET DI WEBSITE RESMI UIM:

1. Klik web resmi UIM http://iu.edu.sa lalu cari halaman untuk pendaftaran. Atau langsung klik http://admission.iu.edu.sa/Default.aspx

➡️ Apabila halaman ini sulit diakses biasanya lagi overload pengunjung. Website universitas bertaraf internasional pun bisa overload pengunjung karena besarnya minat pemuda-pemuda Islam dari seluruh dunia untuk menuntut ilmu agama di Kota Nabi shallallahu’alaihi wa sallam.

➡️ Maka Anda harus bersabar, mohon pertolongan kepada Allah ‘azza wa jalla dan coba lagi dan lagi. Jika Anda tidak ditakdirkan menjadi mahasiswa UIM maka sungguh masih banyak jalan lain untuk memperdalam ilmu agama. Bertakwalah selalu kepada Allah maka Dia akan senantiasa memberikan jalan keluar untukmu.

2. Ikuti langkah-langkah pendaftarannya, dan masukkan berkas-berkas yang telah di-scan satu per satu sesuai urutan permintaannya.

✅ LANGKAH KETIGA: MENCETAK NOMOR PESERTA MUQOBALAH

Setelah semua data diisi dengan lengkap, maka Anda tinggal mencetak berkas (2 lembar) yang terdiri dari:

1. Lembar Identitas dan Nomor Peserta Pendaftaran Ujian Muqobalah UIM.

2. Ceklist Isian Masyaikh Penguji untuk Penilaian Muqobalah.

Dua lembar ini didapatkan dari website UIM jika proses pendaftaran selesai. Inilah yang harus Anda bawa untuk mengikuti Muqobalah.

✅ LANGKAH KEEMPAT: MENGHADIRI UJIAN MUQOBALAH

Untuk mengadakan Muqobalah UIM biasanya bekerjasama dengan beberapa Pondok Pesantren yang bertugas menyediakan tempat pendaftarannya, diantaranya dengan:

1. Pondok Modern Darussalam Gontor. CP: 081359363445, 081259282576, 08243223931, Fax: 0352–313323, Email: [email protected]

2. Pondok Pesantren Darunnajah
Jl. Ulujami Raya No.86 Pesanggrahan. Jakarta Selatan, 12250. CP: 0812-9134-66952, Email: [email protected]

3. Makassar, kemungkinan di Universitas Islam Negeri Makassar.

4. Medan, kemungkinan di Pesantren Raudhatul Hasanah, Medan.

(Nomor kontak person panitia lokal mungkin berubah setiap tahun).

Biasanya sebelum acara Muqobalah juga diadakan Dauroh selama 2 minggu yang sifatnya tidak wajib diikuti oleh peserta Muqobalah.

Para peserta Ujian Muqobalah harus Membawa nomor pendaftaran yang didapatkan setelah mendaftar secara online ketika Muqobalah dan Ceklist Isian Masyaikh Penguji untuk Penilaian Muqobalah.

✅ Kapan Dauroh dan Muqobalah Diadakan?

Apabila kami telah mendapatkan info resmi maka insya Allah akan kami infokan melalui Channel Telegram Markaz Ta’awun Dakwah dan Bimbingan Islam: http://goo.gl/6bYB1k

✅ Sebelum itu Persiapkanlah:

1. Selesaikan semua proses pendaftaran berkas.

2. Memperbanyak dan menyelesaikan hapalan Al-Qur’an (Bagi yang hapal Al-Qur’an 30 juz insya Allah lebih diprioritaskan, dan merupakan syarat untuk masuk ke Fakultas Tafsir).

3. Perdalam kemampuan Bahasa Arab dan Ilmu-ilmu Islam dasar, terutama terkait aqidah tauhid Ahlus Sunnah wal Jama’ah, thaharah dan rukun Islam. Insya Allah Channel Telegram Markaz Ta’awun Dakwah dan Bimbingan Islam: http://goo.gl/6bYB1k berusaha membantu Anda mempelajarinya.

4. Banyak berdoa dan bertakwa kepada Allah ‘azza wa jalla.

Demikian info yang dapat kami sampaikan. Untuk update info terbaru silakan merujuk ke website resmi UIM.

 

Artikel Terkait: http://www.taawundakwah.com/info/info-kuliah-gratis-di-universitas-bertaraf-internasional-saudi-arabia-s1-s2-s3/

 

Semoga bermanfaat. Mohon ta’awun menyebarkan dakwah tauhid dan sunnah ini. Semoga menjadi sebab hidayah dan pemberat timbangan kebaikan kita di Hari Kiamat, insya Allah ta’ala.

Jazaakumullaahu khayron wa baaroka fiykum.

══════ ❁✿❁ ══════

Bergabunglah dan Sebarkan Dakwah Sunnah Bersama Markaz Ta’awun Dakwah dan Bimbingan Islam.

➡ Channel Telegram Ustadz Sofyan Chalid Ruray hafizhahullah ⤵

? Join Telegram: http://bit.ly/1TwCsBr

? Join Telegram: http://goo.gl/6bYB1k

? Gabung Group WA: 08111377787

? FB: www.fb.com/sofyanruray.info

? Web: www.sofyanruray.info

? Android: http://bit.ly/1FDlcQo

? Youtube: Ta’awun Dakwah

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *